jasa foto bandung fotografer bandung tips membeli kamera

Tips Membeli Kamera Mirrorless DSLR Digital

Dalam Tips Membeli Kamera Mirrorless DSLR Digital ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar tujuanmu membeli kamera dapat dimaksimalkan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan dari kamera yang kamu beli. Setiap kamera mirrorless DSLR digital memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi kamu perlu memilih hal-hal apa saja yang penting buat kamu dalam memotret.

jasa foto bandung fotografer bandung tips membeli kamera

Tips Membeli Kamera Resolusi (Megapixel)

Jika tujuan anda membeli kamera digital adalah untuk sekedar mengirim gambar melalui email, atau hanya untuk mengambil gambar ukuran postcard, maka resolusi 1 megapixel sudah mencukupi. Memang, dengan ukuran megapixel yang besar anda jadi lebih leluasa untuk mengolah gambar yang dihasilkan, misalnya mencetak dalam ukuran besar dengan kualitas yang masih bagus (jika megapixel yang digunakan semakin kecil, maka gambar akan terlihat “pecah” saat dicetak dalam ukuran besar), atau mengambil sebagian gambar (crop) dengan kualitas yang bagus.

Ukuran, berat, dan desain Tips Membeli Kamera

Bagi sebagian orang, memiliki kamera yang ringan atau pas di saku, mungkin lebih penting dibandingkan dengan resolusi yang dimiliki. Kamera berukuran kecil memang nyaman, namun biasanya memiliki tombol yang kecil dan terbatas. Selain itu, kamera kecil biasanya tidak memiliki kontrol manual.

Pilihan Lensa Zoom

Kamera dengan harga murah biasanya tidak memiliki fasilitas lensa zoom optical. Jika anda dihadapkan pada pilihan antara sebuah kamera yang memiliki optical zoom lebih tinggi, dengan kamera yang beresolusi lebih tinggi, maka sebaiknya pilih yang optical zoom-nya lebih tinggi. Sebab dengan optical zoom yang lebih baik, anda tidak perlu menggunakan bantuan software untuk memperbesar gambar dan memotongnya (crop) karena hal itu akan menurunkan resolusi gambar. Saat ini ada kamera yang menawarkan tingkat zoom sampai 20X. Lensa seperti itu sangat cocok untuk pemotretan alam atau event olahraga. Namun jika kamera yang digunakan tidak memiliki fasilitas untuk menstabilkan gambar yang cukup bagus, mungkin diperlukan tripod untuk menghindari gambar yang blur. Perlu diperhatikan, beberapa vendor biasanya menggabungkan optical zoom dengan digital zoom – yang mengambil gambar dengan jumlah pixel lebih sedikit lalu memperbesarnya secara digital.

Manual focus Lensa

Untuk pengambilan gambar secara close-up atau dalam situasi dimana pengambilan menggunakan auto focus kurang memuaskan, maka mengalihkan ke manual focus akan memberikan hasil yang lebih bagus. Kamera kelas bawah biasanya tidak memiliki fitur manual focus.

Media penyimpan data

Pada resolusi tertinggi, sebuah kamera 5 megapixel dapat menyimpan sebanyak 6 sampai 8 gambar pada memory card standard 16 MB. Ukuran memory card bawaan kamera sebenarnya kurang begitu penting, sebab anda biasanya harus membeli memory card lagi dengan kapasitas yang lebih besar. Harga sebuah Compact Flash, SD (Secure Digital) Card, dan SmartMedia card berkisar antara $6 – $15 untuk 512 MB, atau $25 – $40 untuk 2 GB. Jenis SDHC (Secure Digital High Capacity) yang baru menawarkan kapasitas 4 GB (sekitar $50) sampai 32 GB (sekitar $350 – $700), namun tidak kompatibel dengan slot SD standard. Jadi pastikan kamera yang anda pilih mensupport SDHC card jika anda berencana untuk membelinya. Sebagai perbandingan seorang sahabat penyedia jasa foto bandung fotografer bandung yang saya tahu, memiliki SD card class 10 dengan kapasitas 64GB untuk setiap kamera yang beliau gunakan.

Baterai Tips Membeli Kamera

Kamera menggunakan beberapa jenis baterai, diantaranya:

– AA (baik jenis alkaline yang tidak bisa di-recharge, atau jenis nickel metal hydride (NiMH) yang bisa di-recharge)

– high-capacity disposable CRV3

– Baterai rechargable kualitas tinggi

Movie (video) dan Suara

Beberapa kamera memiliki fitur untuk merekam movie (video). Opsi ini bermanfaat untuk membuat sebuah clip singkat jika anda tidak memiliki camcorder. Beberapa model juga bisa merekam suara pada sebuah foto. Yang perlu anda ingat, sebuah kamera digital SLR tidak dapat mengambil video.

Setting pencahayaan

Semua kamera digital memungkinkan untuk pemotretan dalam model full otomatis – tinggal tekan tombol, lepaskan, dan anda langsung mendapatkan hasilnya. Sebagian besar kamera juga menawarkan fasilitas pengaturan kecepatan rana, dimana anda dapat menyesuaikan ukuran bukaan lensa atau seberapa lama penutup lensa tetap terbuka, dan kamera secara otomatis menyesuaikan variabel lain untuk memberikan pencahayaan yang sesuai. Fungsi fasilitas ini misalnya untuk membuat background lebih blur (pudar) sedangkan object di bagian depan tetap terlihat tajam.

Menu Tips Membeli Kamera

Saat memilih kamera, pertimbangkan kemudahan dalam mengakses fungsi umum – seperti resolusi, mode macro, flash, dan penyesuaian pencahayaan – dan kemudahan dalam mereview gambar yang baru selesai difoto. Jika terlalu banyak tombol, anda akan menghabiskan waktu untuk menerka-nerka fungsi sebuah tombol; sedangkan terlalu banyak menu akan menghabiskan waktu anda untuk mencari-cari letak suatu fungsi.

Mode pemandangan

Beberapa kamera berusaha untuk menarik perhatian pemakai – terutama pemula dalam bidang fotografi – dengan banyak pilihan mode pemandangan, yakni variasi setting dan subject, seperti pantai, kembang api, dan bawah laut. Salah satu fungsi yang cukup penting dari kamera adalah facial recognition (pengenalan wajah). Dalam mendeteksi wajah, kamera berusaha untuk mengoptimasi focus dan pencahayaan dari subject, untuk menghasilkan efek yang lebih baik dibanding mode portrait yang umum terdapat di sebuah kamera.

White-balance

Hampir semua kamera digital memungkinkan anda untuk memilih setting white-balance melalui preset yang ada. Setting ini menginformasikan kepada kamera bagian mana dari sebuah shot yang harus terlihat lebih putih, dan bagian mana yang terlihat lebih hitam, dan bagian yang lain harus terlihat bagaimana.

LCD dan viewfinder

Semua kamera digital memiliki layar LCD, bervariasi mulai dari 1.8 sampai 3.5 inci. Ukuran yang lebih kecil akan membatasi kemampuan dalam mereview gambar yang baru difoto. Beberapa jenis kamera baru memiliki LCD layar sentuh (touch screen), yang bisa digunakan untuk menentukan focus dari suatu subject, atau untuk memilih menu. Kualitas LCD juga sangat bervariasi, ada yang kurang jelas jika terkena cahaya matahari, ada juga yang terlihat berbintik-bintik saat dalam kondisi kurang cahaya. Jika memungkinkan, cobalah kamera di luar ruangan sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Tips Membeli Kamera Anti getar

Beberapa kamera menawarkan fungsi anti getar untuk menstabilkan gambar sebagai mode pemotretan. Hal ini sangat berguna saat anda dalam situasi yang menyulitkan untuk mengambil foto secara tajam, seperti misalnya dalam kondisi kurang cahaya. Salah satu kelemahan dari mode anti getar adalah anda tidak dapat menggunakan fitur lain yang berhubungan dengan mode pemandangan.

Wireless Wifi Kamera

Menggunakan Wi-Fi untuk memindahkan gambar ke PC, printer, atau situs berbagi foto kedengarannya sangat menarik. Tapi anda harus mencoba fitur ini sebelumnya, karena fitur Wi-Fi ini kurang berjalan mulus pada beberapa kasus dan akhirnya hanya akan menambah biaya extra dari harga kamera tersebut.

Itulah beberap Tips Membeli Kamera Mirrorless DSLR Digital yang perlu kamu pertimbangkan agar tujuan kamu membuat foto atau seni fotografi menjadi sangat indah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *