Mau cari hidangan kambing muda bakar yang empuk banget Kambing Batibul Sindbad Resto, bahkan disenggol dengan sendok saja dagingnya sudah pisah dari tulang? Yuk, mungkin anda perlu datang ke Sindbad Restaurant di kawasan KS Tubun Jakarta Barat.

Kambing Batibul sindbad resto


Kemarin, saya dan kawan kawan datang ke Sindbad Resto, resto khas Timur Tengah khususnya dari Yaman Saudi Arabiah. Wah luar biasa, kami memesan Khuzi Fahat Mashwi. Ini adalah makanan yang terbuat dari kambing muda yang dibumbu terus di bakar. Wow, ini sungguh sajian yang sangat luar biasa. Karena daging kambingnya benar benar empuk, bahkan disenggol dengan sendok saja, langsung terpisah daging dari tulangnya.
Rasanya pun, asam manis yang cukup membuat gairah makan bertambah. Jadi, kambing ini sendiri dapat seempuk ini karena menggunakan kambing muda yang masih berusia 3 bulanan. Hm… begini, bisa anda bayangkan, paha kambingnya yang utuh tak lebih besar dari piring saji, atau kira kira hampir sama dengan ukuran paha bebek. Kecil sekali bukan? Penggunaan daging muda inilah disebut sebut Bu Firjah, pengelola Sinbad Resto ini, sebagai rahasia kelezatan kambing bakarnya.


Kambing Batibul Sindbad  Fine Dinning Resto


Ketika saya rasa di lidah, wow … ternyata memang benar empuk karena menggunakan kambing muda segar. Saya sebut demikian karena saya dapat menemukan rasa juicy kambing yang tak mungkin di dapat jika dia telah melalui proses perebusan. Benar benar luar biasa. Soal bumbu sendiri, tampaknya daging kambing ini dibalur dengan tomat segar yang dihancurkan, lalu ditambah dengan gurih manis bawang bombai, ketumbar, lada hitam dan garam. Mantab sekali.
Kemudian datang pesanan selanjutnya yang merupakan menu spesial resto ini. Reeyass. Di sebut spesial karena dalam sehari stoknya sangat terbatas, jika dalam sehari Sinbad memotong 7 kambing, maka makanan ini dalam sehari hanya menyajikan 7 porsi. Untung hari itu saya masih mendapatkan Reeyass. Reeyass sendiri adalah bagian iga kambing. Namun iga kambing yang ada disini adalah iga anak kambing, sehingga ukurannya tak hanya kecil namun dagingnya juga sangat empuk.
Bumbunya sederhana, hanya ketumbar, garam dan lada hitam. Namun mayonaise – nya luar biasa. Mayonaise bawang putih ini memiliki manis yang sangat lembut dan tidak ada jejak bau bawang, yang tersisa dari campuran bawangnya hanyalah rasa gurih. Hm… jadi, daging yang empuk dan agak asin ini, begitu di cocol dengan mayonaise bawangnya, wow .. dijamin makan seporsi, kurang.
Syawerma Laham
Sudah 2 menu bernuansa daging kambing, sekarang datang pesanan bernama Akda Dujaj. Yaitu menu yang tampilannya full of kentang goreng sementara dagingnya sendiri bersembunyi di dalam serakan sang kentang. Dujaj ini bahasa Indonesianya, ayam. Ya, ayam goreng yang kemudian di tutupi oleh serakan kentang goreng yang tampaknya ditumis dengan buah tomat segar, bawang bombay dan masih banyak bumbu lainnya.
Usai makan kenyang, kami pun masih membungkus yang namanya Syawerma. Sejenis kebab yang mana kita bisa memilih mau ayam atau kambing. Ditemani kentang, wow syawerma ini sudah membuat perut kenyang. Ya, beginilah hidangan pembuka orang Arab; porsi besar dan bagi saya sudah merupakan makanan berat.
Menikmati Syaerma ini tampak sangat cocok dengan minuman jus kurma yang terbuat asli dari buah kurma dan susu sapi segar. Rasanya? Benar benar membuat orang ingin kembali lagi.
Oya, jangan heran, kalau kesini 80% pengunjungnya orang Arab Asli yang intip dengar omong-nya menggunakan bahasa Arab. Maka, Untuk mengimbangi jumlah pelanggan yang mayoritas berbahasa Arab, maka karyawan pun hampir semua fasih bahasa Arab.
Soal harga, untuk ukuran sebuah resto Fine Dinning, tergolong sangat terjangkau. Harga bekisar dari 30 ribu – 70 ribuan perporsi.

Halo guys kali ini aku bakal review beberapa Kuliner Sop Buntut IGA Konro JAKARTA yang paling top dan populer di kalangan penikmat kuliner sop yang menggiurkan. Pengalaman ini aku rangkum buat kamu yang mau tau referensi menikmati kuliner dengan daging dan kuah yang sungguh menggiurkan.

kuliner sop iga buntut Jakarta

Kuliner Sop buntut cut mutia. Jl.Menteng Kecil I Jakarta Pusat.

Niiii daging buntutnya, walaaaah empuuuuuk setengah jaman. Dagingnya masih kemerah – merahan gitu, tampilan yang segar … begitu digigit sari pati daging itu langsung melekat erat dilidah … apalagi dagingnya gendut gendut, jadinya guriiiih kres kres enak banget. Rekomendasi banget deee sop buntut yang satu ini. Meski warungnya keciiiil begini bahkan persisnya mepet tembok sebelah, banyak menteri yang langganan di sini looo, tapi aku lupa sapa aja. Yaaa meski aku kurang setuju dengan standart kuahnya yang menurutku terlalu asin. Tapiiii ini bukan masalah, karena dagingnya ueeenak dan begitu kuahnya di sepyur ke nasi yang tentunya tawar, jadi enggak terlalu asin kok…. Mantaaaab. Um, lupa kalau gak salah harganya 23 ribuan seporsi.

Dapur Buntut. Jl. KH. Abdullah Syafei No 50D

Naaaa ini buat yang suka tantangan, boleh banget dicoba. Dan kalau denger nama caramel, jangan dibayangkan anda akan memakan sesuatu yang teramat manis, karena caramel nya justru berasa pedas, yuuuuk mari, pedas lada hitam. Jadi kalau makan buntut yang satu ini kayak lagi makan steak. Dagingnya empuuuuuk, apalagi kalau anda pesen yang tulang lunak. Waaaa ini beneran aku gak bohong, tulangnya bener bener bisa dimakan. Waktu makan itu, mangkukku bener bener bersih, karena kuahnya juga lumayan enak buat diseruput gitu aja. Harga sekitar 23 ribuan juga.

Kuliner Sop buntut Borobudur. Pujasera Pasaraya Blok M dan Hotel Borobudur

Sop ini sebenernya enak banget, tapi harganya itu looo … mahal booo, waktu itu aku makan yang di pasar raya blok M, habis sekitar 70 ribuan (sop, nasi dan teh botol). Tapi dagingnya emang mantab, kuahnya juga enyak … yaaaa buat yang lagi lebih duit, boleh laaah hehehee.. sop buntut Borobudur ini juga menjadi kesukaannya bos bos dan aparatur Negara yang berduit tebaaal. Yang pasti makan di Buntut Borobudur, nggak akan kecewa dengan rasa, enaaaak banget!!!

RUMAH MAKAN BERKAH MPOK ATIK. Jl. Jeruk purut no 22 – Jakarta selatan.

Waaaa penggila sop daging, harus kesini. Uuuueeenak gila. Okenya lagi, mpok atik ini memasak sama sekali enggak pake msg, jadi sehat gitu deee ceritanya. Buat aku, aku suka makan disini karena dagingnya jumbo gila, empuk edan, gurih asik dan kuahnya bikin badan jadi seger!!!! Kaldu sapinya itu looo gak nahan… ringan yang membuat aku selalu menyeruput kuahnya sampe mangkuk bersih. Dagingnya juga warnanya masih seger gitu masih kemerah – merahan. Oya, kalau kesini jangan pas makan siang deeee… rame banget, apalagi kalau habis sholat jumat (lokasinya disebelah masjid gedung ratu prabu situ) waduuuuuu bisa ngantri…. Tapi meski ngatri, gak terlalu lama sih, karena selain pelayanan cepet, orang orang yang makan mayoritas adalah pekerja yang kudu balik karena pekerjaan udah menanti di kantor.

SOP SUM SUM BLORA REMAJA. JL. Panglima polim raya 62 blok a Jakarta selatan

Satu lagi sop unik yang asyik. Jadi kalau makan sum sum biasanya tinggal nyedok, laaa yang ini beda. Jadi makannya pake sedotan. Langsung dari tulang sum sum kambingnya. Soal rasa??? Jangan Tanya deeee… mantab. Meski kambing, tapi sama sekali gak ada bau prengus. Yaaa mungkin karena bumbunya tepat dan pengolahan juga benar. Oya tapi kalau pengen makan sop sum sum nya, lebih baik datangnya jangan malam malam. Karena cepet habis. Yaaa kalau udah habis, paling pilihan lainnya ya sate dan sop kambing tanpa sumsum… seporsi kelezataannya hanya diharga 10 ribu rupiah.

SOP DAN SATE KIM TEK. Jl arteri kelapa dua no 64H Jakarta barat.

Ini dia sate langganannya trah cendana, khususnya pak bambang tri dan mbak mayang sari kalau ke Jakarta. Pilihannya beragam banget euy. Semua bagian kambing dijadikan sate disini. Ada sate torpedo, usus bahkan sate buntut kambing. Waktu itu aku nyobain, edaaaan … satenya enak banget. Baru kali ini saya makan sate sampe mabok. (mabok beneran, kepala pusing sampe ngeliat benda itu ada dua semuanya, demikian juga dengan ke 3 kawannya lainnya yang juga ikut makan). Siiiip… Wallllaaaah kita pada celeng too … sampe sampe kawan aku yang tukang ngeganja bilang “aduuuu ini lebih oke dari cimeng … gileee pusing banget” (untung sekarang dia udah gak nyimeng lagi, mungkin udah ketemu sama yang lebih dahyat kali yach hahaa).

Luar biasa… begini yach kalau makan kambing yang bener bener berkualitas dan pilihan, dikit aja, langsung celeeeng…. Tapi ueeeenak… kuah sopnya juga sueger … seger bin mantab, penyuka kambing tampaknya mesti kemari. yaaa kalau gak enak mana bisa jadi langganan orang orang gede termasuk pak bambang tri toooo???

KULINER SOP IGA di WARUNG ANGLO, Jl. Bulungan 26 Kebayoran Jakarta Selatan.

Ini juga merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan Sop Iga yang menurutku enak … pertama tentu karena dagingnya empuuuuuks banget … kedua kuahnya seger ada tomat chung nya loo, jadi tambah seger … dan ketiga nggak terlalu asin, jadi penikmat masakan asin tinggal tambah sedikit garam dan jeruk, sedangkan yang gak suka asin pun bisa makan …